Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Ketika Berhenti Merokok

no rokok@jadwalpoker – Jujur saja, setiap perokok ringan maupun berat pasti pernah terbersit keinginan untuk menghentikan kebiasaan buruknya ini. Namun bukan hal mudah merubah kebiasaan selama bertahun-tahun dan tidak mungkin dilakukan hanya dalam waktu semalam, apalagi melepaskan diri dari nikotin yang bersifat sangat adiktif. Tantangannya bagi perokok adalah melawan kebutuhan tubuh akan nikotin serta secara psikologi ia juga harus berperang melawan kebiasaan yang sudah dijalani selama bertahun-tahun. Kebiasaan yang sudah menjadi bagian penting dalam hidup seorang perokok. Tingkat keberhasilan perokok dalam usaha melepaskan diri dari perbudakan nikotin sangatlah kecil jika motivasinya bukan datang dari diri mereka sendiri. Namun begitu,  jika anda seorang  perokok dan memiliki keinginan untuk berhenti, jangan ragu mencoba. Katakan pada diri anda bahwa anda tidak sedang mengorbankan sesuatu dengan berhenti merokok melainkan sebaliknya. Kalaupun anda gagal, setiap ada peluang yang tepat serta motivasi yang baik dari diri anda silahkan coba lagi. Untuk membantu menguatkan motivasi  untuk berhenti merokok.

Nb: Sebelum anda berhenti merokok tip dari Penulis ini, buatlah “Alasan yg paling kuat yg membuat anda berniat untuk berhenti merokok”, contoh (aku ingin berhenti karena rokok mahal dan membunuh saya pelan-pelan, sisa-sisa pembakaran CO2 dan ribuan racun berbahaya masih berada di mulut anda, dan apabila anda mempunyai anak dan ketika anda mencium anak anda maka racun akan berpindah ke anak anda) ini akan menjadi alasan yg cukup kuat, apabila suatu hari nanti anda merasa lelah dan lemah serasa ingin kembali merokok, maka alasan yg kuat itu bisa menjadi motivasi dalam menghentikan kebiasaan anda merokok itu. Berikut gambaran-gambaran yang akan terjadi pada tubuh anda secara bertahap serta tantangan yang akan anda hadapi dalam usaha membebaskan diri anda dari nikotin:

Beberapa jam pertama

Hanya dalam alam 20 menit pertama anda berhenti merokok sebenarnya tubuh anda akan segera merasakan manfaat dimana tekanan darah dan denyut jantung anda akan kembali normal.  Dalam 8 jam kemudian kandungan nikotin dan karbon monoksida dalam darah mulai berkurang sementara kandungan oksigen mulai kembali ke tingkat yang lebih baik.

Tantangan
Menentukan waktu kapan anda akan mulai berhenti merokok sangatlah krusial. Misalnya jika anda mencoba berhenti merokok pada saat anda sedang dalam kondisi stres karena tekanan deadline pekerjaan maka peluang anda untuk berhasil pada jam-jam pertama ini sangatlah kecil. Carilah waktu untuk mulai berhenti merokok pada kondisi anda sedang bebas stress, tentunya kondisi ini sangat berbeda pada setiap orang namun pemilihan waktu yang tepat akan memudahkan anda untuk melawan dorongan untuk merokok pada jam-jam pertama anda.

24 jam pertama

Dalam 24 jam setelah berhenti merokok,  kandungan karbon monoksida dalam darah sudah terbuang dari dalam tubuh. Karbon monoksida  menghambat pekerjaan darah menghantar oksigen ke sel-sel, jaringan dan organ tubuh anda.  Selain itu sisa-sisa nikotin dan lendir akibat merokok di tenggorokan anda akan mulai bersih dan anda akan bernafas lebih mudah dari sebelumnya.

Tantangan
Melewati hari pertama berhenti merokok adalah yang paling sulit karena badan anda baru mulai menyesuaikan diri untuk bebas nikotin. Jika anda terbiasa merokok  untuk break disela-sela pekerjaan, sebaiknya jangan hanya diam untuk melawan keinginan anda menyalakan sebatang rokok. Lakukanlah sesuatu untuk membantu tubuh anda melupakan keinginan itu, misalnya dengan berjalan keluar ruangan, ngobrol dengan rekan sekerja, membaca majalah, ngemil atau buatlah secangkir teh hangat.  Intinya sibukkan diri dan mulut anda dengan hal lain untuk melupakan keinginan merokok.

1 Minggu pertama

Setelah 2 hari berhenti merokok tidak ada lagi nikotin yang tersisa dalam tubuh anda. Anda pun akan merasakan indra perasa dan penciuman anda meningkat secara dramatis. Melewati hari ketiga anda akan merasakan peningkatan energi tubuh dan nafas semakin ringan.

Tantangan
Satu minggu pertama sangat kritis melawan keinginan merokok. Sekali anda gagal maka anda harus memulai dari awal lagi. Akan sangat membantu jika dimasa-masa ini anda dikelilingi oleh teman, sahabat dan keluarga yang memberikan dukungan. Apalagi jika ada teman yang sudah lebih dulu berhasil berhenti merokok, sharing dengan mereka akan sangat membantu dan memotivasi anda.

3 – 5 bulan

Dalam 3 bulan setelah berhenti merokok sirkulasi tubuh anda sudah jauh membaik. Batuk-batuk, tenggorokan yang biasanya gatal dan nafas yang berat relatif tidak ada lagi. Dibandingkan ketika anda masih merokok, fungsi paru-paru anda meningkat sekitar 10 persen lebih baik.

Tantangan
Di masa-masa ini, rasa puas dan percaya diri karena berhasil melewati masa-masa kritis justru bisa berbahaya bagi anda. Sewaktu-waktu ketika anda terlibat situasi yang sulit dan berat seperti mendapatkan kabar buruk seputar keluarga atau bisnis anda, anda akan dengan mudah kembali ke rokok sebagai pelarian dengan anggapan bahwa anda bisa dengan mudah berhenti kembali. Ini sangat berbahaya dan usaha anda akan kembali sia-sia.  Dan bila anda dalam situasi seperti ini sebaiknya anda mencari kegiatan lainnya seperti mendengarkan musik, chatting dengan teman-teman anda melalui social media, latihan ke gym atau jalan-jalan di mal. Yang penting adalah bagaimana anda mematahkan keinginan untuk merokok yang datang sewaktu-waktu karena stres dan sebagainya.

Setelah 5 tahun

Dalam masa beberapa tahun setelah berhenti merokok, resiko anda untuk terserang penyakit-penyakit degeneratif jangka panjang mulai berkurang. Setelah melewati masa 5 tahun, resiko terkena serangan jantung turun separoh dibanding orang yang masih merokok dan setelah 10 tahun resiko anda terkena serangan jantung sudah kembali sama seperti orang yang tidak merokok sedangkan resiko anda terkena kanker paru-paru berkurang setengah.

Tantangan
Dalam jangka panjang,  sangat penting untuk membangun gaya hidup yang sehat dengan mengatur diet serta olahraga secara rutin untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh anda baik fisik maupun psikis. Gaya hidup positif ini akan menjaga anda dari keinginan merokok sekaligus memperbaiki kondisi tubuh anda dari sisa-sisa efek selama anda merokok.

Sumber: Malezones

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s