Snorkling di Semak Daun Kepulauan Seribu

 

This slideshow requires JavaScript.

@jadwalpoker – Nama Pulau Semak Daun mungkin ngak tenar dan belum terlalu familiar bagi kebanyakan orang, pulau kecil satu ini merupakan bagian dari gugusan pulau Kepulauan Seribu. Secara administratif pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Mungkin banyak dari Anda yang meragukan keindahan Kepulauan Seribu, atau mungkin Anda bertanya-tanya apa yang dapat ditemukan di kepulauan itu mengingat jaraknya yang hanya 45 kilometer dari Jakarta. Anda bisa mencapai Kepulauan Seribu melalui pelabuhan-pelabuhan tradisional di Utara Jakarta salah satunya penyeberangan dengan speed boat melalui Dermaga Marina Ancol. Pilihan lain adalah penyeberangan dengan kapal kayu dari dermaga Muara Karang dengan biaya yang relatif lebih murah. Jika Anda ingin menyeberang dari Muara Angke kapal akan berangkat pada pukul 07.00 WIB dan kembali pada pukul 14.00 WIB, sedangkan dari Ancol jam keberangkatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan kembali pada pukul 15.00 WIB (jadwal dapat berubah sewaktu-waktu). Untuk mencapai Pulau Semak Daun Anda harus transit di Pulau Pramuka terlebih dahulu. Jarak perjalanan ke pulau Pramuka menghabiskan waktu kurang lebih 2-3 jam. Semakin jauh meninggalkan wilayah teluk makin terasa gelombang mengombang-ambingkan kapal.

Setelah terombang-ambing selama beberapa jam Anda akan tiba di Pulau Pramuka, sesampainya di sana Anda dapat menawar ojek perahu untuk membawa Anda menyeberang ke Pulau Semak Daun, tarif yang ditawakan biasanya berkisar antara Rp.180.000 – 250.000. Jika Anda sudah selesai dengan urusan perahu, Anda dapat  menikmati suasana Pulau Pramuka sambil menunggu waktu keberangkatan. Kondisi Pulau Pramuka cukup tertata rapih, terdapat penangkaran penyu, rumah-rumah warga dan sederet penginapan. Jarak antara dermaga Pulau Pramuka dan Pulau Semak Daun tidaklah jauh, Anda akan melintasi Pulau Panggang yang berjarak hanya sekitar 1 kilometer dari Pulau Pramuka. Tidak sampai setengah jam Anda dapat melihat Pulau Semak Daun dengan dermaga kayunya. Selepas perairan Pulau Panggang warna laut menjelma semakin biru, kemudian biru tua dan semakin dekat ke dermaga warna air menjadi dominan torquise.Begitu menginjakan kaki di pasir putihnya Anda tidak akan percaya Anda hanya berjarak 2 jam dari Jakarta. Aroma pohon pinus yang bercampur dengan aroma laut akan menyambut Anda sesampainya di Pulau Semak Daun. Pulau ini dihuni oleh sekitar 3 orang yang bertugas menjaga pulau ini. Suasananya yang sepi membuat tempat ini seperti pulau pribadi.

Perlu diingat, pulau ini tidak memiliki fasilitas penginapan, jika Anda berencana untuk menginap di pulau ini Anda harus menyiapkan tenda dan peralatan pendukung lainnya. Anda dapat menikmati keindahan pemandangan sekitar pulau dengan mengelilingi pulau (yang mana hanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit). Dermaga kayu yang memanjang berbentuk “T” merupakan salah satu daya tarik Pulau Semak Daun. Banyak wisatawan menjadikan dermaga yang menjorok ke laut sebagai objek foto favorit mereka. Pulau ini juga merupakan salah satu tujuan snorkling populer di Kepulauan Seribu. Anda dapat menyewa alat snorkling dan sepatu katak yang banyak disewakan di Pulau Pramuka. Keindahan biota laut dan perairannya yang jernih menjadikan pulau yang termasuk dalam wilayah kelurahan Pulau Panggang ini sebagai snorkling spot terbaik di Kepulauan Seribu. Bagaimana menarik bukan? Sudahkah Anda mengunjungi kepulauan “surga” yang hanya selemparan batu dari polusi Jakarta.

Sumber: Malezones

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s