Resep Sayur Ubi Tumbuk

sayurubi@jadwalpoker – Selalu kangen masakan mama.. jadi terinspirasi deh masaknya sendiri hihihi.. yuk mariii..

Bahan-bahan
1 ikat besar daun ubi muda
1/2 batok kelapa
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah kincung
5 buah rimbang
2 buah cabe merah
secukupnya Udang halus manis
secukupnya garam

Langkah

1. Tumbuk daun ubi muda menjadi halus. tapi jangan halus kali yaa.. ntar kalo makan nyangkut di sela gigi biasanya hehehe..

2. Lalu peras kelapa yang telah disiapkan. tetapi pisah jadi 2 bagian menjadi santan kental dan santan cair. untuk yang gak mau ribet, bisa aja sih pake santan kara tapi menurut saya jauh lebih enak santan yang diperas sendiri..

3. Giling halus bawang merah dan bawang putih sebagai bumbu yang akan dimasukkan ke dalam santan cair

4. Geprek rimbang dan kincung

5. Setelah itu, masak santan cair dengan bumbu halus, rimbang, kincung, udang halus manis dan cabe merah yg telah dibelah 2 jangan lupa diaduk merata. jika sudah mendidih, masukkan daun ubi muda yang telah ditumbuk..

6. Aduk kembali sampai merata. lalu cek daun ubi muda tersebut sudah lembut atau matang. jika sudah, maka masukkan santan kental yang ada. aduk kembali hingga setengah mendidih. Jangan lupa aduk2 yaa biar santannya gak pecah..

7. Oya, jangan lupa koreksi rasa. beri garam secukupnya..

8. Voila!! hidangan siap utk disajikan.

Sumber: Cookpad

Advertisements

Minyak Kelapa Bikin Masakan Jadi Sehat

coconutoil@jadwalpoker – Pamor minyak kelapa belakangan kini naik kembali. Selain bikin makanan terasa enak, minyak kelapa baik untuk kesehatan kita. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan energi
Kendati minyak kelapa sempat disingkirkan karena dianggap mengandung lemak jenuh, penelitian membuktikan lemak jenuh dalam minyak kelapa cenderung tidak berbahaya. Minyak jenuh dalam kelapa hanya mengandung asam lemak rantai dan medium yang digunakan sebagai sumber energi cepat, bukan seperti lemak rantai lebih panjang yang cenderung disimpan sebagai lemak dan bikin gemuk.

2. Menjaga kestabilan gula darah
Struktur unik minyak kelapa yang berantai medium membuatnya beraksi seperti glukosa yang memberi makan tubuh di tingkat selular, meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minyak kelapa juga mengenyangkan perut dan terbukti mengurangi nafsu makan serta mencegah kita makan berlebihan.

3. Bebas laktosa
Minyak kelapa ini lebih mudah dicerna dan sangat cocok untuk kaum vegan. Sangat ideal untuk menggantikan butter dan lemak hewani lainnya. Meskipun mengandung lemak jenuh yang pada minyak dan lemak jenis lain meningkatkan Kolesterol, jenis lemak dalam minyak kelapa justru meningkatkan Kolesterol baik yang bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Minyak kelapa terbuat dari lemak sehat yang disebut lauric acid, caprylic acid dan capric acid. Ketiganya terbukti bersifat antijamur, antivirus dan antibakteri yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu pencernaan
Minyak kelapa terbukti membantu mencegah keluhan yang berkaitan dengan pencernaan. Hal ini disebabkan kandungan antimikroba di dalamnya yang mengatasi bakteri, jamur dan parasit yang mengganggu pencernaan.

6. Mengurangi peradangan
Minyak kelapa terbukti mengurangi peradangan kronis dalam tubuh. Banyak peradangan menyebabkan nyeri. Mengonsumsi minyak kelapa dapat mengurangi nyeri tersebut.

7. Dapat dimasak suhu tinggi
MInyak kelapa tidak rusak dimasak dalam suhu tinggi. Oleh karena itu dapat digunakan untuk membuat gorengan lebih aman. Minyak kelapa tidak mudah berasap di suhu tinggi sehingga tidak teroksidasi dengan mudah.

Sumber: Female first

Tips Mengatasi Bau Tak Sedap Kaki

kaki@jadwalpoker – Kaki manusia memiliki seperempat juta kelenjar keringat, karenanya mudah sekali  berkeringat. Bau kaki terjadi akibat kombinasi keringat kaki, sepatu tertutup yang kurang memiliki sirkulasi udara, serta bakteri actinomycetes.

Berikut tips untuk mengurangi bau pada kaki:

  1. Menggunakan sepatu yang sama terus-menerus. Ganti sepatu tiap dua hari sekali untuk membantu pergantian sirkulasi udara di dalam sepatu.
  2. Menggunakan kaus kaki berbahan nilon. Pilih kaus kaki berbahan katun atau wol yang dapat menyerap keringat.
  3. Rendam kaki  dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun antibakteri. Pilih larutan yang mengandung mint untuk memberi aroma segar.
  4. Angin-anginkan sepatu setelah digunakan, simpan di rak terbuka. Jika perlu, gunakan silica gel khusus untuk menyerap udara lembap pada bagian dalam sepatu.
  5. Semprotkan spray khusus kaki untuk membantu menyegarkan dan mengurangi aroma kurang sedap.

Sumber: Femina

Peluang Mempunyai Anak Kembar

twinbaby@jadwalqq – Sekalipun anda tidak memiliki garis keturunan keluarga kembar, kehamilan ganda bisa diusahakan. Pada pasangan yang memiliki riwayat keturunan kembar, kemungkinan hamil kembar meningkat 2,5 kali lipat. Namun, peningkatan kemungkinan ini hanya terjadi bila pada sisi istri terdapat garis keturunan kembar. Bila suami yang memiliki garis kembar, maka peluang untuk punya anak kembar tidak mengalami peningkatan. Hal ini karena kehamilan kemjar terjadi akibat pembelahan sel telur yang pastinya berasal dari ibu.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada riwayat keluarga maka otomatis kita dapat memiliki anak kembar. Secara umum, kehamilan kembar terjadi pada 1 dari 250 kehamilan. Peluang kehamilan kembar lebih besar terjadi pada perempuan usia 30-an atau 40-an yang secara hormonal tidak stabil. Sewaktu mengalami ovulasi, bisa terjadi lebih dari satu sel telur matang yang terlepas dari indungnya di saat bersamaan. Artinya, kehamilan kembar juga sering terjadi tanpa adanya riwayat kembar di keluarga. Penggunaan obat-obatan penyubur atau hormonal ini juga menjadi salah satu cara yang ditempuh untuk mendapatkan momongan kembar. Diperkirakan, dengan obat penyubur tingkat kemungkinan hamil kembar naik hingga 10 persen.

Frekuensi kehamilan kembar meningkat pada perempuan yang siklus ovulasinya diinduksi oleh penyuntikan gonadotropin, yakni hormon yang merangsang atau menstimulasi fungsi ovarium sehingga perempuan jadi lebih subur. Sedangkan obat penyubur seperti: klomifen sitrat atau pergonal dipakai demi meningkatkan kemungkinan mendapatkan kehamilan kembar lebih dari dua. Tentu saja, tidak ada usaha yang keberhasilannya bisa dijamin seratus persen. Seperti halnya tidak semua pasangan keturunan kembar akan melahirkan anak kembar. Begitu juga dengan rangsangan melalui obat penyubur atau hormonal.

Sumber: Tabloid Nakita

Zika Si Penyakit Lama yg Ngetrend Kembali

Zika-virus12@jadwalqq – Belum sempat mengembus napas lega setelah redanya penularan flu burung, ebola, ataupun Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS), dunia kembali dihebohkan dengan kehadiran Zika. Inilah virus anggota keluarga Flaviviridae dengan nyamuk aedes sebagai vektor penularannya.
Menular lewat nyamuk yang sama, gejala infeksi Zika lebih mirip dengan chikungunya ketimbang demam berdarah dengue: demam, nyeri sendi dan otot, sakit kepala, bintik-bintik merah di kulit, serta mata merah akibat peradangan selaput lendir kelopak mata atau konjungtiva.

Meski demikian, sebagai virus yang sekeluarga dengan demam berdarah, demam kuning, ensefalitis, ataupun west nile, virus ini—jika menginfeksi perempuan hamil— tampaknya berkaitan dengan kelahiran bayi berkepala kecil yang menghambat perkembangan otaknya. Seperti dikabarkan majalah Time, di Recife, salah satu kota di Brasil tempat Zika merebak, tim dokter di Rumah Sakit Oswaldo Cruz sejak tahun lalu telah mengamati kelahiran bayi-bayi microcephaly atau berkepala kecil.

”Pernah sampai tiga dalam sehari, berarti ada sesuatu yang tidak beres,” kata dr Vanessa van der Linden, neurolog. Ketika ditelusuri ke belakang, ibu-ibu yang melahirkan bayi berkepala kecil ternyata pernah ke dokter dengan keluhan demam dan bintik-bintik merah di awal kehamilan mereka. Sepanjang 2015 ada sekitar 30.000 kasus dengue di Brasil dan 60 persen di antaranya positif Zika.

Bukan penyakit baru

Zika mulai ditengarai tahun 1947 ketika para ilmuwan meneliti asal-usul demam kuning pada monyet-monyet di hutan Zika, Uganda. Dari hasil isolasi serum, 1952, ditemukan virus yang kemudian dinamai sesuai nama hutan asalnya. Tahun 1954, virus Zika ditemukan pada manusia di Nigeria. Kasus infeksi di luar Afrika sebenarnya jarang ditemukan. Baru tahun 2007 banyak kasus bermunculan di Pulau Yap, Mikronesia. Epidemi bahkan makin sering terjadi di Polinesia, Pulau Paskah, dan Kepulauan Cook di Kaledonia Baru. Namun, umumnya tidak ada kasus kematian atau perawatan di rumah sakit.

Setelah itu, kejadian luar biasa di luar Afrika baru muncul lagi April 2015 di Brasil. Otoritas kesehatan setempat menyatakan, saat itu ada sekitar 500 pasien dengan gejala serupa flu diikuti ruam merah dan nyeri. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan, sebagian besar mereka positif terinfeksi Zika. Para ilmuwan mengaitkan kejadian luar biasa ini dengan penyelenggaraan berbagai pertandingan olahraga internasional di Brasil, mulai dari lari cepat, kano, hingga Piala Dunia 2014.

Dalam kertas kerja yang diterbitkan Pusat Kontrol Penyakit Amerika Serikat (CDC), disebutkan, kehadiran tim dari Polinesia dalam lomba lari cepat dan kano bisa jadi adalah awal penyebaran Zika di Brasil. Peserta yang terinfeksi digigit nyamuk aedes yang lalu memindahkan virus ke masyarakat lokal. Hal itu sejalan dengan hasil penelitian yang dipublikasikan Juni 2015 dalam jurnal kedokteran Memórias do Instituto Oswaldo Cruz, yang menyebutkan bahwa profil genetik virus Zika di Brasil serupa dengan virus Zika di Polinesia, suatu kepulauan di Pasifik Selatan.

Dalam bukunya, The Coming Plague (1994), Laurie Garrett mengingatkan, kemunculan virus-virus baru tak lepas dari perubahan ekosistem dan mobilitas manusia yang luar biasa di era modern ini. Perbaikan infrastruktur, kemajuan transportasi, membuat virus di suatu kawasan yang menginfeksi seseorang dengan cepat terbawa ke sisi lain dunia. Demikian pula serangga yang terbawa di kargo atau monyet-monyet percobaan, bisa saja terkontaminasi virus dan kemudian menyebar ke mana-mana. Apa boleh buat. Karena setiap organisme akan beradaptasi untuk bertahan, maka manusia juga harus beradaptasi: mencari jalan yang selaras dengan alam untuk menghadapinya.

Sumber: Kompas

Anda Perokok & Gemuk?? Waspadai Serangan Jantung

Smoke12@jadwalqq – Para ahli kembali mengingatkan bahwa bahaya merokok dan juga kelebihan berat badan atau obesitas untuk kesehatan jantung. Sebuah survei di Inggris mengungkapkan, satu dari lima pasien serangan jantung adalah perokok dan tiga dari lima pasien memiliki kelebihan berat badan. Merokok dan juga lemak berlebih dalam tubuh bisa menyumbat aliran darah dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Penyakit jantungkoroner merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung.

Risiko tersebut bakal naik lagi jika ternyata Kolesterol dan tekanan darah tinggi. Joe Mills, seorang ahli jantung mengatakan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. Apalagi bagi mereka yang pernah terkena seranganjantung. Sayangnya, sering kali pasien obesitas mengabaikan saran dietyang dianjurkan dokter. Sementara itu, para perokok sulit untuk berhenti merokok. “Pasien mengabaikan risiko jangka panjang cukup serius yang akan mereka hadapi. Penting bagi pasien untuk mengenali kondisi jantungnya,” kata Joe.

Risiko penyakit jantung sebenarnya bisa dikurangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain tidak merokok dan menjaga berat badan, jagalah pola makan sehat, rutin berolahraga, cukup istirahat, dan mengelola stres. Lakukan pemeriksaan kesehatan setidaknya setahun sekali jika Anda sudah berusia di atas 30 tahun.

Sumber:  Mirror.co.uk